Breaking News

Polres Asmat Edukasi Siswa SMP N 2 Agats tentang Pencegahan Kekerasan di Sekolah

Papua – Kasat Binmas Polres Asmat, AKP Muh. Jafar, S.Sos memberikan pembekalan saat menjadi narasumber dalam kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) peserta didik baru di SMP N 2 Agats, Jl. Dendew Kampung Syuru, Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan, pada Selasa (16/07/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh KBO Binmas Iptu Wilu Utomo, S.Sos, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Agats Alpibert Hattu, SP, serta guru-guru dan tiga personel Satbinmas. Materi yang disampaikan oleh AKP Muh. Jafar adalah Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Pendidikan bagi peserta didik baru.

"Melalui penyuluhan dan pembekalan ini, kami berharap dapat mencegah kekerasan di kalangan pelajar sehingga mereka tidak terlibat dalam tindak pidana atau perbuatan yang melanggar hukum. Edukasi ini bertujuan untuk membangun kesadaran hukum sejak dini di kalangan pelajar serta meminimalkan potensi kekerasan di lingkungan pendidikan," ujar AKP Muh. Jafar.

Dalam sambutannya, AKP Muh. Jafar juga menekankan pentingnya kolaborasi antara pihak kepolisian, orang tua, dan guru dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman. 

"Figur orang tua dan guru sangat diutamakan karena merekalah yang paling banyak berinteraksi dengan anak di rumah dan sekolah. Kreativitas dan inovasi para orang tua dan guru menjadi langkah konkret untuk mencegah kekerasan di kalangan remaja," tambahnya.

KBO Binmas Iptu Wilu Utomo, S.Sos turut menambahkan pentingnya perlindungan anak. 

"Untuk adik-adik pelajar, ada undang-undang yang mengatur perlindungan anak. Jadi, diharapkan pihak sekolah dan pelajar tidak melakukan kekerasan karena bisa terjerat hukum," ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para peserta didik baru di SMP N 2 Agats dapat memahami pentingnya mencegah kekerasan di lingkungan sekolah dan memiliki kesadaran hukum yang lebih baik. Harapannya, pendidikan yang disertai dengan kesadaran hukum dapat menciptakan generasi muda yang lebih disiplin dan bertanggung jawab.

Demikian laporan dari SMP N 2 Agats, di mana sinergi antara kepolisian dan institusi pendidikan terus diperkuat demi menciptakan lingkungan belajar yang aman dan kondusif bagi semua siswa.(*)
© Copyright 2022 - MAKASSAR SATU SUARA