Breaking News

Wakapolda Papua Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila Tingkat Provinsi Papua

Papua – Wakapolda Papua Brigjen Pol. Patrige Rudolf Renwarin, S.H., M.Si., menghadiri upacara peringatan hari lahir Pancasila yang digelar Pemerintah Provinsi Papua. Upacara dilaksanakan di Lapangan Apel Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura, Sabtu (1/6/2024) .

Selain Wakapolda Papua hadir dalam upacara tersebut yakni Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Hariyanto dan Forkopimda Papua lainnya.

Bertindak sebagai Inspektur yaitu PJ. Sekda Provinsi Papua, Y. Derem Hegemur, S.H. M.H. sementara Komandan upacara yakni Plt. Kepala Bidang Damkar Provinsi Papua Ferry Maikel Baransano, S.I.P., M.Si,.

Pj  Sekda Provinsi Papua dalam sambutannya membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi. Ia mengatakan, hari ini 1 Juni 2024 kita memperingati hari lahir Pancasila, hari ketika Bung Karno sebagai proklamator kemerdekaan, Bapak pemimpin bangsa pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan Sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila mempersatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong-royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan hari Pancasila tanggal 1 Juni. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakapolda Papua berharap peringatan hari Pancasila dapat terus merekatkan rasa persatuan dan kesatuan serta persaudaraan di antara seluruh elemen masyarakat, khususnya di Papua.

“Mudah-mudahan dengan hari Pancasila ini makin meningkatkan aksi nyata pengamalan Pancasila dalam kehidupan antar sesama dan merekatkan rasa persatuan dan kesatuan kita di tengah-tengah perbedaan dan kebhinekaan yang ada khususnya di wilayah Papua,” harap Wakapolda.

Wakapolda menyampaikan Pemilihan Kepala Daerah-Wakil Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 sudah dihadapan mata. Tahapan prosesnya sudah mulai berjalan.

Olehnya itu, Wakapolda berharap dengan momen peringatan hari Pancasila dapat menyatukan berbagai perbedaan yang ada. Sehingga diharapkan Pilkada dapat berjalan aman dan damai.

“Kami berharap dengan momen ini dapat mewujudkan Pilkada yang aman, damai, lancar dan sukses. Semua calon agar menjaga nilai2 Pancasila di setiap materi visi dan misinya, dalam kampanye jangan gunakan isu SARA namun tampilkan adu ide dan gagasan, adu kinerja dalam membangun Papua nantinya dan biarkan masyarakat yang menilai dan memilihnya tanpa ada intimidasi atau paksaan,” pungkasnya.(*)
© Copyright 2022 - MAKASSAR SATU SUARA