Breaking News

Pastikan Pelaksanaan Kampanye Berjalan Aman, OMPC II 2024 Terjunkan Personilnya

Papua – Untuk mensukseskan pelaksanaan pentahapan Pilkada 2024, Polda Papua melalui Operasi Mantap Praja Cartenz (OMPC) II 2024 Wilayah Papua Selatan terjunkan personilnya untuk melaksanakan kegiatan Pengamanan, Pengaturan dan Pengawalan kampanye para pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Selatan, Rabu (09/10/2024).

OMPC II 2024 Wilayah Papua Selatan memastikan personil yang terlibat menunjukkan profesionalisme dan kewaspadaan tinggi untuk memastikan berjalannya acara dengan aman dan tertib.

Kasatgas Ops Wil Papua Selatan melalui Kasatgas Humas Kompol Nurjanah mengatakan, tujuan dilaksanakannya pengamanan dari Kepolisian saat kampanye ataupun kegiatan lain partai politik yaitu untuk memastikan situasi Keamanan dan Ketertiban Umum. Kepolisian bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama kampanye agar proses politik berlangsung dengan aman, damai dan tidak ada gangguan baik tindakan kekerasan atau ancaman dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Pengamanan ini merupakan bagian dari upaya preventif yang dilakukan Kepolisian untuk memastikan kelancaran dan keamanan dalam tahapan kampanye yang berlangsung.

“Kami Polda Papua melalui OMPC II 2024 Wilayah Papua Selatan sudah tentunya bersikap netral dalam pilkada, Tugas Kepolisian hanya melakukan pengamanan dan pemantauan penyelenggarakan kegiatan kampanye tersebut dengan tujuan kegiatan berjalan aman, lancar tanpa adanya gangguan kamtibmas,” imbuh Kasatgas Humas, Kamis (10/10/2024).

Selain itu tujuan pengamanan ini juga untuk menanggulangi potensi konflik. dengan kehadiran polisi diharapkan potensi konflik antar pendukung partai politik atau kelompok dapat diminimalisir dan mencegah eskalasi kekerasan antar simpatisan partai, selain itu Kepolisian juga memiliki wewenang melakukan penegakkan hukum terkait pelanggaran aturan kampanye dan tindakan ilegal pada saat pilkada yang dapat mengganggu integritas proses politik.

"Pentingnya pengamanan dalam kampanye politik adalah untuk memastikan bahwa proses demokrasi di Indonesia khususnya di Prov. Papua Selatan berjalan dengan aman dan lancar serta adil sehingga terciptanya pilkada tahun 2024 yang bersih tanpa ada tindakan yang tidak kita inginkan bersama,” tutupnya.(*)
© Copyright 2022 - MAKASSAR SATU SUARA